Gubernur Sulut Minta Camat Kawal Proyek Nasional

Gubernur Olly Dondokambey

Gubernur Olly Dondokambey

MANADO — Sulut patut berbangga karena dari sekian program prioritas nasional, enam di antaranya akan dibangun pemerintah di Bumi Nyiur Melambai ini. Menurut Gubernur Sulut Olly Dondokambey, program prioritas yang ditargetkan harus selesai 2019 ini mesti didukung kabupaten/kota.

“Proyek-proyek ini harus selesai tahun 2019. Proyek itu bertujuan untuk percepatan pembangunan, khususnya perekonomian Sulut. Pembangunan ini ada di kabupaten/kota. Untuk itulah diperlukan sinergitas agar pekerjaan ini dapat berjalan sesuai target, dan ini merupakan tugas yang harus kita laksanakan dengan penuh tanggung jawab,” ujar Olly dalam Rapat Koordinasi Pembinaan Wilayah Pemerintahan di Ruang CJ Rantung Kantor Gubernur Sulut, Senin (13/3) pagi.

Gubernur yang didampingi Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw dan Sekretaris Provinsi Edwin Silangen mengatakan, hubungan hirarkis antara provinsi dengan kabupaten/kota, sebagaimana diatur dalam UUD 1945 serta UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemda, adalah suatu kesatuan yang tidak terpisahkan dan berikat, mutlak dan wajib untuk senantiasa dijaga.

“Di samping program dan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan sosial kemasyarakatan, tingkatan pemerintahan juga harus sinergis dan sinkron,” ujar Olly.

Kepala Biro Pemerintahan Jemmy Kumendong mengatakan, kegiatan yang diikuti para camat se-Sulut itu sebagai wahana pembinaan perangkat pemerintah di kecamatan sehingga terbangun komitmen pemahaman sinergitas yang baik antara Pemprov dan Pemkot/Pemkab.

“Harus ada kesepahaman dan sinkronisasi sikap dalam pengambilan keputusan antara Pemprov sebagai wakil pemerintah pusat di daerah dengan Pemkab/Pemkot. Sehingga rencana pembangunan terlaksana dengan baik. Apalagi, Pak Gubernur sedang gencar mendatangkan berbagai proyek pembangunan strategis untuk Sulut,” ujar Kumendong, menjelaskan.

Untuk diketahui, Program Prioritas Nasional yang sedang dan akan dilaksanakan di Sulawesi  Utara seperti Pengembangan Bandara Sam Ratulangi, Pembangunan Trem Dalam Kota Manado, Jalur Kereta Api Manado-Bitung, Pengembangan Kawasan Periwisata Likupang, Manado Outer Ring Road III (Winangun Malalayang), Pembangunan TPA Regional di Kabupaten Minahasa Utara, dan Pembangunan Bendungan Sawangan Kabupaten Minahasa.

Selain itu ada enam proyek strategis nasional di Sulut yaitu Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaaang Mongondow, Bendungan Kuwil  di Kabupaten Minahada Utara,  Jalan Tol Manado-Bitung, International Hub Port Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, dan Jalan Penghubung Gorontalo-Manado.(ink)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply