Olly Kukuhkan TPAKD Sulut

MANADO — Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey melantik dan mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dan Satgas Waspada Investasi Daerah. Pelantikan tim TPAKD tersebut digelar di Hotel Sintesa Peninsula, Selasa (20/12).

“Kami berharap kehadiran tim ini dapat memperkuat koordinasi sektor keuangan daerah untuk menopang pembangunan daerah,” kata Olly dalam sambutannya. Selain itu, katanya, TPAKD ini dapat membantu perbankan daerah untuk meningkatkan kesejahteran masyarakat.

“Tugas dari tim ini juga nantinya akan mengidentifikasi permasalahan terkait kondisi literasi dan inklusi di daerah, serta mensinergikan program akselerasi akses keuangan termasuk pemberdayaan masyarakat di daerah,” jelasnya.

Menurut Olly, salah satu tantangan utama perekonomian Indonesia saat ini adalah memerangi tingkat kemiskinan dan ketimpangan pendapatan masyarakat. Gubernur juga mengajak seluruh elemen di daerah, dari pemerintah daerah, industri keuangan daerah, dan instansi terkait lainnya, berkolaborasi untuk mencari terobosan dalam membuka akses keuangan yang lebih efektif.

Kepala OJK Sulutgomalut, Elyanus Pongsoda menambahkan dibentuknya TPAKD sejalan dengan arahan radiogram Menteri Dalam Negeri pada 19 Februari 2016. Sehingga pada 10 Mei 2016 telah ditetapkan pembentukan TPAKD melalui keputusan Gubernur Sulut. Yang terdiri dari 17 perwakilan SKPD, 7 perwakilan dari Lembaga Keuangan, 4 perwakilan Asosiasi dan Perhimpunan, serta 3 perwakilan dari akedemisi.

“TPAKD akan fokus pada beberapa program prioritas, yaitu mendorong terbentuknya Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) dan edukasi serta sosialisasi program JARING (Jangkauan, Sinergi, Guideline), Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif) sampai SIMPEL (Simpanan Pelajar),” ujarnya.

Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad dalam sambutannya mengatakan, adanya TPAKD akan sangat membantu dalam mendorong pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan akses keuangan masyarakat dan UMKM di Sulut.

“Namanya juga akses, jadi dengan adanya TPAKD diharapkan dapat meningkatkan dan mempercepat akses keuangan di daerah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi serta mewujudkan masyarakat Sulut yang lebih sejahtera,” ungkapnya.(ink)

Pelantikan dan pengukuhan TPAKD Sulut, tadi siang.

Pelantikan dan pengukuhan TPAKD Sulut, tadi siang.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply