Air Laut jadi Air Langsung Minum, di Bunaken Tempatnya

Lucky Korah bersama perwakilan warga Bunaken mencoba minum air laut yang disuling menjadi air langsung minum dengan fasilitas SWRO.

Lucky Korah bersama perwakilan warga Bunaken mencoba minum air laut yang disuling menjadi air langsung minum dengan fasilitas SWRO.

MANADO — Setelah dihadirkan PLTS yang melayani seluruh pulau, Bunaken kini memiliki fasilitas pengolah air laut menjadi air yang bisa langsung diminum. Fasilitas itu dinamakan Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Senin (6/7) lalu SWRO itu telah menjalani uji coba. Tenaga Ahli Kementerian PUPR Ir Lucky Korah MSi bersama pejabat teknis Kementerian PUPR menyaksikan langsung uji coba itu. “Benar, boleh langsung diminum. Airnya sama seperti air mineral biasa,” kata Lucky Korah, yang juga mantan Wali Kota Manado.

Dijelaskan juga, SWRO yang berlokasi di Pangalisan itu memiliki kapasitas 2,5 liter/detik, dan bisa melayani 800 KK. Menurut konsultan, proyek yang dikerjakan sejak 2013 itu akan menjalani uji coba enam jam per hari, dengan total waktu uji coba selama 440 jam.

Sementara Lucky Korah menambahkan, sebelum fasilitas pengolah air langsung minum ini dioperasikan, Pemkot Manado harus menyiapkan kelembagaan (PDAM atau semacamnya).

“Pemkot juga harus menyaksikan uji coba sekaligus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, dan juga menyediakan tenaga operator. Artinya, tanggung jawab penuh Pemkot sehingga fasilitas ini berfungsi dengan baik,” ujar Korah.(ism)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply