Letusan Gunung Karangetang Siau Ungsikan Warga Bebali ke Ulu

Awan panas meluncur dari puncak Gunung Karangetang ke wilayah Bebali.

Awan panas meluncur dari puncak Gunung Karangetang ke wilayah Bebali.

SIAU — Gunung Api Karangetang di Pulau Siau kembali menunjukkan peningkatan aktivitas, Kamis (7/5) siang. Kondisi ini terjadi setelah sempat mereda beberapa hari terakhir.

Akibat peningkatan aktivitas itu tampak guguran lava pijar dari puncak kawah utama. Situasi ini mengakibatkan terbentuknya gumpalan awan panas yang membubung tinggi, dan sebagian meluncur ke arah Kali Batu Awang di Kelurahan Bebali, Kecamatan Siau Timur.

Peningkatan aktivitas Karangetang juga menimbulkan guguran debu vulkanik yang mengakibatkan warga Ulu diliputi rasa cemas. Bahkan jalur transportasi Ulu-Ondong (pusat pemerintahan Sitaro) yang melewati Kali Batu Awang di Bebali untuk sementara telah ditutup demi menghindari dampak yang tidak diinginkan.

Kepala Pos Pemantau Gunung Karangetang, Yuddia Tatipang menjelaskan, walau terpantau mengalami peningkatan aktifitas, status Gunung Karangetang masih berada pada level tiga atau Siaga.

“Pembentukan awan panas sempat terjadi, sehingga pihak Pos Pemantau merekomendasikan Pemda untuk mengambil langkah-langkah antisipatif menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena secara visual dan dari data Seismograf, luncuran lava dari ujung leleran masih terjadi mengarah ke Kali Batu Awang dengan jarak luncuran sekira 2.200 meter,” jelas Tatipang.

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply