Tak Ada Kompensasi di Lahan 30 Meter Ring Road I

MANADO—Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) akan segera membebaskan lahan selebar 30 meter di sepanjang jalan Ring Road I (Maumbi-Winangun). Pembebasan ini terkait dengan rencana rekonstruksi jalan Ring Road I menjadi dua jalur seperti yang telah terbangun di Ring Road II (Maumbi-Bengkol) saat ini.

Kadis Pekerjaan Umum (PU) Sulut Ir JE Kenap menegaskan, tak ada kompensasi bagi siapa saja yang memiliki bangunan atau usaha di lahan 30 meter itu.

“Sedari awal Pemprov bebaskan saat pembangunan Ring Road I, lahan yang kami bayar selebar 30 meter. Jadi, dalam membebaskan lahan tersebut kami tidak akan memberikan kompensasi,” ujar Kenap.

Menurutnya, sudah beberapa kali Pemprov menyampaikan pemberitahuan bahkan peringatan kepada masyarakat yang menempati lahan tersebut: bahwa bila sudah dibutuhkan pemerintah untuk keperluan pelebaran jalan, maka mereka harus sukarela menyingkir.

“Kami akan mengukur kembali titik pasnya karena sebagian besar lahan tersebut sudah ditempati warga. Ada juga bangunan milik warga yang sudah berdiri permanen. Itu harus disingkirkan,” katanya.

Sementara itu, sejumlah penjual jagung bakar di sepanjang Jalan Ring Road I mengaku pasrah bila nanti mereka akan digusur. Hanya saja, mereka berharap kepada pemerintah untuk mencarikan solusi atas nasib usaha mereka.

“Memang pemerintah kelurahan sampai Pemkot sudah memberitahu rencana tersebut, tapi kalau bisa kami tidak dibiarkan begitu saja. Apalagi tempat ini sudah ada langganan,” kata Ima dan Nani, mewakili pedagang.

Seperti diketahui, jalan Ring Road I akan dibangun kembali menjadi konstruksi dua jalur dengan lebar mencapi 22 meter. Modelnya disamakan dengan Ring Road II dan Jalan SBY-Matungkas-Maumbi (Minut). Tahun ini lewat APBN telah dialokasikan dana Rp31 miliar untuk tahap awal pekerjaan.

“Karena sudah padat dan dengan alasan mengurangi kecelakaan serta kenyamanan berkendara, maka jalan itu dilebarkan dan dibuat dua jalur dengan median di tengah. Tahap pertama akan dimulai tahun ini,” kata Kepala Satker Wilayah I Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XI Manado, Ir Jon Damanik.(***)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply